Sewa Motor Grader

Rental Sewa Motor Grader Sidoarjo Murah : 8 Kegunaan Motor Grader

Posted on

Motor Grader atau alat perata atau alat sortir termasuk alat berat yang memaksimalkan pembuatan pondasi sebuah bangunan. Pondasi bangunan menjadi lebih rata dan padat. Pondasi merupakan hal utama sebuah bangunan. Ketika pondasi tersebut kuat maka bangunan itupun nantinya juga memiliki cengkeraman stabil dan tidak akan mudah goyah. Alat ini juga digunakan untuk memelihara kondisi jalan raya. Biasanya digunakan untuk memadatkan bahan material pasir dan kerikil di landasan jalan yang sebelumnya telah diangkut dan ditata Wheel Loader. Anda bisa memastikan bagaimana cara kerja alat ini melalui jasa Rental Sewa Motor Grader Sidoarjo Murah.

 

Spesifikasi Motor Grader

Sebagai alat berat  untuk mempermudah kinerja manusia dalam proses konstruksi, Motor Grader juga dibekali dengan mesin yang mumpuni. Menggunakan 4 wheel drive dengan transmisi otomatis. Orang  yang mengemudikannya atau biasa disebut operator tentu lebih mudah mengendalikan alat tersebut. Operator juga dipermudah kinerjanya dalam menyebarkan material. Selain itu juga dibekali blade penekan atau pisau khusus yang digerakkan dengan mesin hidrolik yang sistematis. Keberadaan blade ini akan sangat berperan ketika ada project dalam pembuatan waduk atau saat digunakan untuk meratakan material seperti batu bara, pasir dan lainnya. Blade tersebut  terpasang dengan ketelitian khusus. Mampu bergerak ke berbagai sudut hingga 180 derajat. Hal ini juga yang membantu kinerja para operator.

 

8 Kegunaan Motor Grader

Mengapa alat berat ini begitu istimewa? Setidaknya ada 7 kegunaan grader yang mungkin bisa memberikan sedikit penjelasan, diantaranya :

  1. Mampu meratakan permukaan yang tidak rata atau kasar kemudian membentuk permukaan yang lebih tertata. Teknik ini biasa disebut dengan grading.
  2. Bisa digunakan di banyak medan. Bahkan di luar negeri, di negara-negara bersaljut, alat ini digunakan untukk mengeruk salju yang menumpuk di jalanan.
  3. Bisa digunakan untuk menyebarkan material dalam tahap ringan seperti pasir dan kerikil. Mampur mencampur material kemudian disebarkan di lapangan. Sistem ini disebut dengan spreading and mixing.
  4. Finishing pada tahapan pembuatan jalan.
  5. Bisa digunakan untuk membuat kemiringan area yang lebar dan panjang. Kemampuan ini sangat penting dalam pembuatan lapangan golf.
  6. Bisa digunakan untuk memotong tanah biasa dikenal dengan shaping.
  7. Mampu mememotong tanah yang biasa dikenal dengan ditching.
  8. Digunakan untuk menggaruk tanah untuk membuat saluran yang dikenal dengan scarifying.

 

Ciri Khas Motor Grader

Alat berat ini memiliki ciri khas dengan tiga poros sumbunya. Dimana bagian pisau atau blade berada di bagian tengah poros belakang. Alat ini merupakan penutup atau penyelesaian dari proses konstruksi. Bahkan pada saat pembuatan jalan, alat ini menjadi faktor penting.  Blade pada alat ini merupakan aktor utama peranan grader. Fungsi blade bisa berubah sangat fleksibel. Adakalanya ia menjadi dozer, tilting dozer, bahkan buldozer. Meskipun kinerja utamanya tetap sebagai alat untuk meratakan dan memadatkan tanah atau jalan.

 

Cara Kerja Motor Grade

Alat berat ini bekerja menata dan meratakan jalan atau area lapang yang sedang dikerjakan. Alat ini bergerak maju dan mundur ketika sedang meratakan tanah atau jalan dengan kecepatan dan daya rendah. Proses perataan terjadi ketika bergerak maju dan mundur. Saat grader maju, pisau bergerak ke bawah untuk meratakan bidang yang dilalui. Kemudian saat grader mundur, pisau akan terangkat dan bidang yang dilalui akan lebih padat. Proses tersebut bergerak terus menerus sesuai tingkat kepadatan yang diinginkan.

 

Pada saat dimanfaatkan untuk membuat jalan raya, alat ini juga  digunakan untuk membuat bahu jalan. Biasanya juga dibuat drainase. Alat ini juga dimanfaatan untuk mencampur  material yang ada lalu disebarkannya pada jalan yang dibangun. Pada saat digunakan untuk membuat lapangan terbang, alat ini juga dimanfaatkan untuk meratakan area tersebut. Oleh karena itu dengan kemampuannya tersebut, alat ini membutuhkan operator atau pengemudi yang memang bisa benar-benar mengoperasikannya. Seberapa canggih alat ini tanpa ada yang bisa mengoperasikannya dengan benar dan tepat maka hasilnya juga tidak maksimal. Motor Grader berfungsi sebagai alat bantu sehingga aktor utama tetap terletak pada manusia yang mengoperasikannya.